Ada Apa Dengan Daging Onta ???
09.50 | Author: Al Faqir Muhtar Lutfi, S. H. I


Abi emangnya kalo makan daging onta itu bisa bikin wudhu batal? Begitu ditanyakan salah seorang jamaah pengajian, yuk kita bahas!
Onta merupakan salah satu binatang ciptaan Allah yang mempuyai kelebihan bisa melakukan perjalan panjang dan menyimpan cadangan minuman di punuknya. Dan dari binatang ini juga lairlah istilah marhalah dalam ilmu fiqh.

Langsung saja . Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, iya benar bahwa memakan daging onta bisa membatalkan wudhu, hadisnya sebagai berikut :
عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ { أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَتَوَضَّأُ مِنْ لُحُومِ الْغَنَمِ ؟ قَالَ : إنْ شِئْت قَالَ : أَتَوَضَّأُ مِنْ لُحُومِ الْإِبِلِ ؟ قَالَ : نَعَمْ }
Dari Jabir bin Samuroh RA, bahwasanya seseorang bertanya kepada Nabi SAW, “ Apakah aku harus berwudhu setelah makan daging kambing?” Nabi menjawab : “ jika Kau mau”, ia bertanya lagi: “ apakah aku harus berwudhu setelah memakan daging onta?”. Nabi Menjawab : “Ya”.
Dari hadis ini sudah bisa dijawab pertanyaan di atas, yakni mereka yang memakan daging onta, harus berwudhu setelahnya, dengan kata lain, dengan memakan daging onta bisa membatalkan wudhu. Hal ini juga disepakati oleh para ulama di antaranya: Imam Ahmad bin Hambal, Ishaq, ibnu Mundzir, ibnu Khuzaemah dan Imam Baihaqi. Bahkan golongan Syafi’iyah pun mengatakan jika memang hadis itu shohih, maka kami sependapat dengannya. Demikian dijelaskan di dalam kitab subulus salam.

|
This entry was posted on 09.50 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: