Mengusap Muka Setelah Berdoa, BID'AHKAH ???
00.10 | Author: Al Faqir Muhtar Lutfi, S. H. I

Sebuah pertanyaan dilontarkan di majlis taklim siswa 33 tanggal 24 Jan 09, yakni apakah mengusap muka setelah berdoa itu bid'ah? sebab ada di kalangan tertentu yang mengatakan hal tersebut tidak ada hadisnya. Apa iya :? ???

Yuk kita bahas ini dengan bijak !!!.
Ketika seseorang mengatakan suatu hal ataupekerjaan tertentu itu bid'ah atau tidak ada hadisnya hendaknya dia benar2 elah meneliti sebelumnya bahwa memeng tidak ada hadisnya dengan melacak ke seluruh kitab hadis yang ada, atau minimal kutubus sittah(kitab hadis yang enam) yang dijadikan sandaran utama di dalam penetapan sebuah hukum yaitu: Bukhori, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, an Nasai dan Ibnu Majah. Karena bisa jadi hal yang dikatakan tidak ada hadisnya itu ternyata terdapat di dalm salah satu kitab hadis di atas, seperti masalah mengusap muka setelah berdoa ini. entah kenapa orang dengan lantang dan beraninya melarang orang lain mengusap muka setelah berdoa dengan mengatakan tidak ada hadisnya, padahal ada hadis yang menerangkan tentang hal itu, di antaranyanya:
Hadis yang diriwayatkan oleh ibnu majah:
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ قَالَا حَدَّثَنَا عَائِذُ بْنُ حَبِيبٍ عَنْ صَالِحِ بْنِ حَسَّانَ الْأَنْصَارِيِّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَعْبٍ الْقُرَظِيِّ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَعَوْتَ اللَّهَ فَادْعُ بِبَاطِنِ كَفَّيْكَ وَلَا تَدْعُ بِظُهُورِهِمَا فَإِذَا فَرَغْتَ فَامْسَحْ بِهِمَا وَجْهَكَ
(رواه ابن ماجه , حديث رقم : 1171 و 3856 )
Telah meriwayatkan hadis kepada kami oleh Abu Kuroib dan Muhammad bin Sobbah keduanya berkata telah meriwayatkan hadis kepada kami 'Aaidz bin Hubaib dari Sholih bin Hassan al Anshory dari Muhammad bin Ka'ab al Kurozhy dari Abdullah bin 'Abbas ia berkata, bersabda Nabi Muhammad SAW : "Apabila engkau berdoa kepada Allah SWT, maka berdoalah dengan bagian dalam tanganmu (tapak tangan) dan jangan kau berdoa dengan bagian punggungnya, dan jika telah selesai maka usaplah dengan kedua tanganmu itu akan wajahmu " ( HR. Ibnu Majah, hadis no: 1171 dan 3865 )
dan ada juga hadis riwayat imam Bukhori yang pada intinya juga menunjukkan bahwa Nabi mengusap mukaya setelah berdoa, yakni :
حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْأُوَيْسِيُّ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ عَنْ يُونُسَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ نَفَثَ فِي كَفَّيْهِ بِقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ وَبِالْمُعَوِّذَتَيْنِ جَمِيعًا ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا وَجْهَهُ وَمَا بَلَغَتْ يَدَاهُ مِنْ جَسَدِهِ قَالَتْ عَائِشَةُ فَلَمَّا اشْتَكَى كَانَ يَأْمُرُنِي أَنْ أَفْعَلَ ذَلِكَ بِهِ قَالَ يُونُسُ كُنْتُ أَرَى ابْنَ شِهَابٍ يَصْنَعُ ذَلِكَ إِذَا أَتَى إِلَى فِرَاشِهِ
( رواه البخاري , حديث رقم : 5307 )
Telah meriwayatkan hadis kepada kami oleh 'Abdul Aziz bin Abdullah al ausy, ia berkata: telah meriwayatkan hadis kepada kami oleh Sulaiman dai Yunus dari Ibnu Syihab dari 'Urwah bin Zubeir dari 'Aisyah Radiyallahu 'Anha, ia berkata: "Rasulullah SAW jika hendak ke tempat tidur ia tiupkan(dgn sedikit air ludah, penj)) ke tapak tangannya dengan membaca surat al Ikhlash, al Falaq dan an Naas (sebelumnya. Penj) seluruhnya, kemudian ia usapkan dengan kedua tapak tangannya itu ke mukanya dan seruh badannya yang dapat ia capai dengan kedua tangannya itu". 'Aisyah berkata:"ketika aku mengaduh kepadanya, maka ia memerintahkan kau berbuat seperti demikian" Yunus berkata: "Aku melihat Ibnu Syihab melakukan hal demikian jika ia hendak ke tempat tidurnya" ( HR. Bukhori, Hadis No: 5307 )
semoga dengan penjelasan hadis ini bisa menjawab pertanyaan di atas dan membuat kita lebih banyak belajar lagi tentang ilmu agama dan tidak mudah menyalahkan orang lain apalagi karena kebodohan dan ketidaktahuan kita. Wallahu a'lam

|
This entry was posted on 00.10 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: